Upacara Bendera Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tingkat Kabupaten Ngada

Bupati Ngada Paulus Soliwoa, dalam amanatnya pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2019, di lapangan Kartini Bajawa, menyampaikan point-point krusial tentang pentingnya Pancasila sebagai dasar Negara. Melalui tema ” Pancasila sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia”, semua pihak diajak untuk merenungkan nilai Pancasila. Tema ini sebagai seruan, agar warga menjadikan Pancasila sebagai spirit dan roh dalam kebangsaan. Pancasila adalah kristalisasi nilai , filosofi, budaya, adat istiadat dan karakter bangsa Indonesia. Rumusan Pancasila menjadi  pedoman bagi seluruh bangsa indonesia.

Undangan Yang Hadir

Lebih lanjut dijelaskan bahwa ke-5 butir Pancasila sebenarnya lahir dari keanekaragaman agama, budaya, suku dan ras di Indonesia. Pancasila ditempatkan sebagai dasar negara RI, yang merupakan jiwa, spirit, semangat,dan pedoman perjalanan bangsa yang berdaulat.

Seluruh perilaku warga negara harus berdasar pada Pancasila, mulai dari aktifitas petani, buruh, nelayan, politisi, mahasiswa, pejabat dan lainnya.

“Bangsa ini adalah bangsa majemuk, keragaman dan perbedaan harusnya menjadi kebanggaan bangsa, menjadi kekuatan untuk membangun Indonesia yang sejahtera, jangan jadikan keragaman sebagai perbedaan yang menyesatkan. Untuk itu diharapkan Pancasila harus menjadi landasan dan falsafah hidup seluruh masyarakat Indonesia”, tegas Bupati Ngada.

Beberapa point yang diharapkan dapat terwujud dari peringatan hari kesaktian Pancasila, yang pertama harus dijadikan momen reflektif seluruh bangsa, sejauh mana pelaksanaan pembangunan berlangsung. Selain itu merupakan kesempatan bagi generasi muda penerus bangsa, untuk belajar menempatkan Pancasila sebagai penunjuk arah perjalanan bangsa. Kedua, momen ini sebagai upaya untuk menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan elemen bangsa, agar berpartisipasi aktif menjaga keutuhan wilayah Ngada, serta pelayanan kepada masyarakat.

Ketiga, hampir di penghujung tahun 2019 dan memasuki tahun  2020 yang merupakan tahun politik, pemilihan Bupati di Ngada.

Bupati Ngada mengingatkan kepada seluruh masyarakat Ngada agar pilihan politik tidak boleh dieksploitasi untuk kepentingan sesat, apalagi individual. Masyarakat diajak untuk memperkaya khasanah demokrasi, dengan berpolitik yang santun . Bupati Ngada juga mengajak warga Ngada untuk menjaga keamanan jelang pemilu Bupati tahun 2020.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Paulus Soliwoa atas nama Pemda Ngada, menyampaiakn proficiat dan dirgahayu kepada Tentara Nasional Indonesia  untuk peringatan HUT  TNI ke-74. Apresiasi diberikan oleh Pemerintah dan Masyarakat Ngada, bagi TNI, atas dedikasi dan kerja kerasnya dalam mempertahankan kemerdekaan dan menjaga keutuhan  negara kesatuan RI.

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada