“Generasi Sehat, Indonesia Unggul” merupakan tema dari Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke – 55 yang dirayakan di akhir periode pembangunan 2015-2019 . Pemilihan tema ini, selain dimaknai sebagai puncak dari upaya bersama seluruh pemangku kepentingan pembangunan kesehatan dalam lima tahun terakhir, juga dimaknai dengan kesiapan bidang kesehatan untuk terlibat aktif dalam pembangunan periode berikutnya yang menitikberatkan pada aspek sumber daya manusia. Diyakini, SDM yang sehat akan membawa keunggulan bagi bangsa.

Bupati Ngada, Sekda Ngada, Ketua Tim penggerek PKK dan Wakapolres Ngada saat di terima di Puskesmas Inerie.

Hari Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November dalam suatu rangkaian kegiatan, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Undangan yang hadir dalam upacara peringatan HKN ke-55 di Kabupaten Ngada.

Dalam laporan panitia yang di sampaikan oleh Yak Yoseph Mawo, S. Sos, bahwa maksud dan tujuan kegiatan HKN antara lain, meningkatkan peran serta masyarakat guna berperan aktif dalam menjaga kesehatan terutama kesehatan lingkungan, membangkitkan semangat pengabdian bagi tenaga Kesehatan, membangun rasa persaudaraan yang tinggi bagi sesama tenaga Kesehatan dan terlaksananya peringatan HKN ke-55 di Kabupaten Ngada dengan meriah, aman, tertib serta berkesan.

Peserta upacara peringatan HKN ke-55.

Dalam sambutan Menteri Kesehatan yang disampaikan oleh Bupati Ngada, Drs Paulus Soliwoa, strategi Pembangunan Kesehatan yang dibangun melalui tiga pilar yaitu Paradigma Sehat, Penguatan Akses Pelayanan Kesehatan dan Penyediaan Biaya melalui Jaminan Kesehatan Nasional, melalui program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas), program Indonesia Sehat (NS) dan program JKN, bersama seluruh komponen kesehatan, baik lintas program maupun lintas sektor, dengan beragam tantangan dan rintangannya, telah berhasil menyelesaikan beberapa masalah-masalah kesehatan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang sehat.

Bupati Ngada bersama undangan lainnya sebelum upacara digelar.

Momentun hari Kesehatan ke – 55 ini juga sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa, masyarakat, organisasi kemasyarakatan, swasta, berperan serta dalam upaya kesehatan, dengan lebih memprioritaskan promotif-preventif dan semakin menggalakkan serta melembagakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), tanpa mengabaikan kuratif-rehabilitatif. Pemerintah pusat dan daerah, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, akademisi dan praktisi turut ambil bagian dalam peringatan HKN untuk mendukung pembangunan kesehatan. Masyarakat semakin mengerti arti penting perilaku dan lingkungan sehat, serta melakukan gerakan hidup sehat, baik di keluarga, tempat kerja, tempat-tempat umum dan fasilitas lainnya.

Adapun rangkaian kegiatan dan perlombaan HKN Kabupaten Ngada tahun 2019 yang di gelar di Puskesmas Inerie Kecamatan Inerie adalah Lomba Jai Kreasi dengan pesan-pesan kesehatan bagi 19 Puskesmas dan Dinas Kesehatan, Lomba kebersihan lingkungan dalam wilayah Kecamatan Inerie, Lomba cerdas cermat tingkat SD dan SMP dalam wilayah Kecamatan Inerie, Lomba penyuluhan kesehatan bagi para Kader Posyandu dalam Kecamatan Inerie dan gerak jalan masal bersama masyarakat, diakhiri dengan senam Generasi Sehat di lokasi Leko Ena.

Dalam peringatan HKN ke – 55 di Puskesmas Inerie tersebut, juga di langsungkan penyerahan 7 unit mobil Puskesmas Keliling dalam anggaran pengadaan Tahun 2019.

Bupati Ngada saat menyerahkan kunci Mobil Puskesmas Keliling kepada 7 Kepala Puskesmas.

Hadir dalam Apel HKN ke-55 di Puskesmas Inerie, Kecamatan Inerie, Bupati Ngada, Sekda Ngada, Para Asisten, Wakapolres Ngada, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ngada, Pimpinan OPD, Kepala BUMN- BUMD, Camat Inerie, Camat Aimere dan undangan lainnya.

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada