Gerakan Masyarakat Hidup sehat pada dasarnya merupakan sesuatu yang sifatnya harus disegerakan, karena terkait dengan manfaat dan urgensinya untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada, khususnya terkait dengan masalah kesehatan. GERMAS sendiri mampu menjadi solusi terhadap beban ganda penyakit di Indonesia khususnya Penyakit Tidak Menular (PTM). Akselerasi GERMAS menjadi penting ketika masyarakat ikut andil terlibat mewujudkannya dengan rajin berolahraga, cek kesehatan secara rutin dan makan buah setiap hari.

Asisten III saat membuka rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan GERMAS.

Dengan keterlibatan Lintas Sektor akan memperbaiki sistem pelaksanaan baik dari aspek Perencanaan, Penganggaran, Pelaksanaan dan Evaluasi GERMAS.

Dalam laporan panitia penyelenggara dari Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur yang disampaikan oleh Oma Bureni, SKM bahwa tujuan umum dari terlaksananya kegiatan Forum Koordinasi dengan Lintas Sektor terkait pelaksanaan GERMAS dan koordinasi dalam rangka Penggerakan Massa di Kabupaten / Kota di Kabupaten Lokasi Khusus (Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Manggarai dan Kabupaten Ngada) pada Tahun 2019. Sedangkan tujuan khusus adalah terbentuknya Forum Koordinasi GERMAS tingkat Kabupaten Ngada dan adanya Rencana Tindak Lanjut (RTL) Koordinasi kegiatan dalam rangka penggerakan massa GERMAS di Kabupaten Ngada.

Peserta pertemuan Lintas Sektor terkait pelaksanaan GERMAS.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan pada Setda Ngada, Hironimus Reba Watu, yang mewakili Bupati Ngada sebelum membuka pertemuan forum koordinasi tersebut menyampaikan bahwa, perlu adanya evaluasi untuk mengetahui sejauh mana tanggapan masyarakat terhadap GERMAS ini sendiri, mengingat ada berbagai faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi kurang berjalannya GERMAS ini.

Kadis Kesehatan saat memaparkan materi.

Peserta kegiatan ini sendiri berjumlah 28 orang dari Lintas Sektor dilingkup Pemda Ngada dan lintas program dilingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Ngada. Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung selama 1(satu) hari pada Kamis, 19 September 2019 yang bertempat di Aula Hotel Korina Bajawa. Dalam kegiatan ini menghadirkan 2 (dua) narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Dinas Kesehatan Kabupaten Ngada.

Sampai berita ini diturunkan pemaparan materi dan forum diskusi masih berlangsung.

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada