KPUD Ngada telah menggelar Rapat Pleno terbuka, Rekapitulasi hasil perolehan Suara pemilu Nasional tahun 2019, tingkat Kabupaten Ngada, dalam pemilihan Presiden/wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Kabupaten/kota tingkat Kabupaten Ngada.

Wiess Raubata, Jubir KPUD Ngada mengatakan, Pleno rekapitulasi ini dilaksanakan selama dua kloter.

Pleno Terbuka bersama Komisioner KPUD Ngada.

Kloter pertama tanggal 02 Mei 2019 untuk 8 Kecamatan yakni Bajawa utara, Wolomeze, Riung Barat, Jerebuu, Golewa, Golewa Barat, Golewa Selatan, Inerie,
Dan untuk kloter kedua dilaksanakan tanggal 07 Mei 2019, utnuk 4 kecamatan yakni Soa, Aimere, Riung dan Bajawa.

Dari hasil Pleno kabupaten tersebut, Jatah 25 kursi DPRD Ngada terisi dengan pembagian cukup merata diraih oleh beberapa partai politik. Raihan kursi tersebut yakni PKB, PAN, PDIP & PERINDO sama – sama mendapatkan 4 kursi di Parlemen. Sedangkan Nasdem dan Golkar mendapatkan 3 kursi. Partai Demokrat memiliki 2 kursi. Partai Hanura lolos dengan 1 kursi DPRD.

Ketika dikonfirmasi terkait penetapan Caleg terpilih yang melenggang ke Parlemen, Wiess Raubata menjelaskan bahwa sesuai regulasi, penetapan Caleg terpilih harus menunggu beberapa hari lagi, setelah pleno rekapitulasi Hasil Perolehan Suara.
Sembari menunggu apakah ada peserta pemilu yang mengajukan gugatan ke MK atau tidak?

” Kami akan mendapatkan info resmi dari MK. Kalau tidak ada gugatan, Siap diplenokan. Kalau ada gugatan, ditunda sampai ada keputusan final dari MK. Biasanya jedah waktu 3 hari info dari MK terhadap hal ini.
Sejak salinan SK disampaikan ke mereka”, jelas Wiess.

Dari pantauan Media, Pleno KPUD Ngada berjalan aman dan lancar, selanjutnya hasil ini akan dibawa ke Pleno tingkat Propinsi.

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *