Ngada

PKK KABUPATEN NGADA, LAUNCHING PENCANANGAN PELAYANAN VAKSINASI BAGI IBU HAMIL & MENYUSUI

Bagikan

DINASKOMINFO.NGADA – Tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Ngada bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Ngada meluncurkan pelayanan vaksinasi bagi ibu hamil dan menyusui. Tim PKK diwakili oleh Blandina Mamo, selaku Wakil Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Ngada meluncurkan kegiatan sekaligus memberikan vaksinasi perdana untuk 33 ibu hamil dan 33 ibu menyusui bertempat di Aula Kantor Lurah Trikora, Kamis (23/09/2021).

Hadir pada saat itu, Wakil Bupati Ngada, Raymundus Bena, yang sekaligus juga meresmikan kegiatan vaksinasi untuk ibu hamil dan menyusui, Asisten III Sekda Ngada, Wakil Ketua DPRD Ngada, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ngada, Tim Vaksinasi dan seluruh peserta vaksin.

Dalam sambutannya, Blandina mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat Kabupaten Ngada dapat segera mencapai apa yang sering disebut herd immunity atau perlindungan terhadap penyakit menular khususnya covid-19.

“Dengan adanya vaksinasi ini, kami berharap imunitas tubuh ibu hamil dan ibu menyusui dapat meningkat sehingga tidak mudah terpapar covid-19”, ungkapnya.

Beliau juga menjelaskan tujuan dilakukan kegiatan untuk mencegah terjadinya kasus kematian.

“Ibu hamil dan menyusui memiliki resiko yang lebih rentan karena ada dua nyawa yang harus diselamatkan, untuk itu bagi semua ibu hamil dan ibu menyusui yang ada di Kabupaten Ngada saya menghimbau agar jangan takut untuk menerima vaksin covid-19 sebab dengan menerima vaksin covid-19 kita akan menyelamatkan diri kita dan juga generasi Ngada di masa depan”, tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ngada, Agustinus Naru menjelaskan bahwa pelaksanaan vaksin untuk ibu hamil dan menyusui di Kecamatan Bajawa dan untuk semua Kecamatan di Kabupaten Ngada akan dijadwalkan dalam beberapa hari ke depan.

“Jadwal akan kami atur sesuai keberadaan ibu hamil itu sendiri karena kami sudah punya data lengkap terkait ibu hamil yang ada di wilayah Kabupaten Ngada sehingga kami tinggal buat pemetaan wilayah yang memudahkan pelayanan bagi ibu hamil”, ungkapnya.

Beliau menambahkan untuk jenis vaksin yang digunakan untuk ibu hamil sama seperti masyarakat umum yaitu Astra Zeneca ataupun Sinovac. Perbedaannya hanya terletak pada ibu hamil merupakan kelompok yang harus mendapat perhatian khusus karena termasuk dalam kelompok rentan.

Sedangkan untuk persediaan vaksin beliau mengatakan masih cukup untuk pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Ngada dan diharapkan akan terus bertambah.

“Persediaan vaksin yang masuk ke Kabupaten Ngada secara jumlah dirasa cukup dan kami berharap persediaan vaksin dari minggu ke minggu terus bertambah sehingga bisa dilakukan percepatan vaksinasi khususnya ibu hamil dan menyusui,“ ungkapnya.

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada