Bawaslu Kabupaten Ngada, telah mengeluarkan Rekomendasi Pemilihan Suara Ulang, di TPS 05 Kelurahan Tanalodu.
Rekomendasi ini dikeluarkan, pasca terjadi kelebihan penggunaan surat suara untuk Pemilu Presiden.

Jubir KPUD Ngada, Wiess Raubata.

Juru bicara KPUD Ngada yang dikonfirmasi Media ini (Kamis/18/2019) menjelaskan, Pada hari pemungutan suara tanggal 17 April kemarin, ada pemilih yang datang menggunakan KTP luar Ngada untuk mencoblos, tanpa menyertakan formulir A5. KPPS kemudian memberikan surat suara Presiden/wakil, sehingga jumlah pengguna Hak Pilih tidak sama dengan surat suara yang digunakan.

Semestinya, berdasarkan regulasi, KTP hanya dapat digunakan untuk memilih, pada wilayah domisili setempat. Jika memilih di wilayah lain, wajib menyertakan formulir A5 atau pindah memilih.

Menurut Wiess Raubata, saat pencoblosan kemarin, banyak pemilih dari luar yang mendatangi KPU untuk menanyakan mengapa memilih dengan KTP ditolak KPPS.

“Kemarin, kami terima cukup banyak laporan dan compalin dari pemilih luar ber-KTP. Sudah dijelaskan bahwa tanpa A5, mereka tidak bisa memilih, meskipun untuk Pilpres saja. Regulasi pilih dimana saja hanya dengan KTP, itu terjadi di pemilu 2009, sekarang tidak lagi,” tegas Wiess.

Lanjutnya, persoalan ini tidak berpengaruh terhadap proses dan hasil pemilihan DPR, DPD, DPRD prop/kab.
Sehingga Rekomendasi Bawaslu Ngada adalah PSU atau Pemilihan Suara Ulang.

” Terkait waktu Pelaksanaan PSU, kami koordinasi dengan Propinsi.
Secara regulasi, 10 hari kedepan wajib melaksanakan PSU ini,” kata Jubir KPUD.

Hasil rekomendasi Bawaslu Ngada, TPS 05 Tanalodu wajib melakukan  pemilihan suara ulang, untuk Presiden /wakil, dikarenakan ada pemilih ber-KTP luar Ngada, menggunakan hak pilih.

Untuk logistik Pemilihan Ulang tersebut, saat ini KPUD Ngada berkoordinasi dengan KPU Propinsi, agar distribusi logistik dilakukan secepatnya, mengingat rentang waktu PSU, secara regulasi, harus dilakukan 10 hari kedepan, di TPS 5, yang berlokasi di SDK Tanalodu Bajawa.

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *