Sebanyak 8.051 warga Ngada, terjatah Beras Sejahtera

Published by merlyn on

Kegiatan peluncuran RASTRA atau Beras Sejahtera dari Bansos Rastra tahun 2019 tingkat propinsi NTT, digelar di halaman kantor Bupati Ngada, Jumad 22 Februari 2019. Kegiatan launching ini langsung dihadiri oleh Wakil Gubernur NTT Yoseph Nae Soi, Plt Bupati Ngada Paulus Soliwoa, Kepala Dinas Sosial se-propinsi NTT, Pimpinan OPD Pemkab Ngada, serta undangan lainnya.

Sekertaris Dinas Sosial Kabupaten Ngada Dra.Meo Genoveva saat ditemui RSPD Ngada dan Website Ngada di sela-sela kegiatan mengatakan, Program RASTRA atau beras sejahtera adalah bantuan pangan berupa beras dari pemerintah kepada warga miskin Program Keluarga Harapan.

” Rastra ini beda dengan Raskin, perubahan nama dari Raskin ke Rastra, kalau Raskin dipungut biaya, tapi beras Rastra ini Pemerintah berikan secara gratis, tanpa biaya apapun”, jelas Genoveva

Sekertaris Dinas Sosial Kab. Ngada, Dra. Meo Genoveva

Peluncuran Beras Rastra ini sudah dilakukan sejak tahun 2017 hingga 2018. Di tahun 2019, Sebanyak 8.051 warga Ngada penerima, mendapat jatah Rastra 10 kilo beras per kepala keluarga, selama satu tahun penuh, yang didrop tiga bulan sekali.

“Beras sejahtra ini sebenarnya bantuan sosial pemerintah, kita distribusikan melalui Dolog langsung ke kantor desa masing-masing,itu gratis, tidak ada biaya,dan pemerintah juga fokus ke keluarga PKH”,tutur Meo Genoveva

Ketika disinggung tentang data penerima Rastra ini, Sekertaris Dinas Sosial Ngada mengatakan bahwa data penerima dikirim dari Kementrian Sosial RI berdasarkan data sensus penduduk tahun 2015. Jika ada perubahan data, tergantung dari laporan Desa melalui mekanisme musyawarah Desa, selanjutnya berkoordinasi dengan Dinas Sosial setempat.

Kegiatan launching Rastra ini ditandai dengan pelepasan Truk pengangkut beras, oleh Wakil Gubernur NTT, untuk langsung didistribusikan ke kecamatan Bajawa dan Soa. Sedangkan Kecamatan lainnya telah dilakukan hari sebelumnya.

Selepas Launching Rastra, dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi Para Kepala Dinas Sosial se-NTT di aula Setda Ngada, bersama Wakil Gubernur NTT, Yoseph nae Soi.

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *