SEKITAR 1,8 HEKTAR LAHAN UNTUK PENANAMAN ANGGUR DI WILAYAH LENGKOSAMBI

Published by Administrator on

Kepala Dinas Ketahanan Pangan sekaligus Ketua Panitia Penanaman Anggur, Ferdin Burah menyampaikan bahwa, di wilayah Lengkosambi, Kecamatan Riung saat ini, telah disiapkan sekitar 1, 8 hektar lahan yang siap dimanfaatkan untuk menanam anggur, sebagai komoditi yang cocok ditanam di wilayah dengan curah hujan yang rendah. Hal ini disampaikan beliau saat menyampaikan laporan Kegiatan Penanaman Anggur Perdana di wilayah Lengkosambi yang dihadiri oleh Bupati Ngada bersama beberapa Pimpinan Perangkat Daerah, Camat Riung, para kelompok tani serta masyarakat dan undangan lainnya.

Kadis Ketahanan Pangan mengatakan bahwa penanaman anggur perdana ini secara simbolik dilakukan oleh Bupati Ngada di lahan milik empat kelompok anggur yang tersebar di Lengkosambi Timur, Tengah dan Utara. Empat kelompok tani ini telah membuka dan mempersiapkan lahan mereka masing-masing dengan fasilitas dan prasarana dibantu oleh pemerintah, dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan sebagai dinas terkait.

Lebih lanjut, beliau menjelaskan bahwa empat kelompok yang siap melakukan budidaya anggur ini adalah Kelompok Karya Baru, Kelompok Ada Rasa, Kelompok Star Wine Dan Kelompok Sejati dengan masing-masing kelompok beranggotakan 20 orang . Saat ini dinas telah menyiapkan stek anggur dengan jumlah yang bisa ditanam di lahan seluas empat hektar.

Setelah kegiatan penanaman ini, akan dilanjutkan dengan pemeliharaan yang akan dilakukan oleh para kelompok tani. Pemerintah juga akan tetap melakukan pendampingan melalui para penyuluh lapangan, serta memperhatikan ketersediaan air bagi para kelompok tani.

Kadis Ketahanan Pangan mengharapkan agar para petani anggur dapat bekerja maksimal dan serta bertanggung jawab, sehingga diharapkan 9 bulan kemudian akan ada kegiatan panen anggur perdana di wilyah tersebut dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Sementara itu, salah satu kelompok anggur yang diwawancarai Tim Media Website Kabupaten Ngada yakni Kelompok Ada Rasa, melalui ketua kelompoknya yakni Dominikus Ngoba mengatakan bahwa lahan yang dimiliki telah dipersiapkan sejak bulan Januari. pembukaan lahan ini difasilitasi oleh pemerintah dengan bantuan alat berat serta tanki air. Dinas terkait masih akan terus membantu dengan mendistribusikan pupuk dan prasarana lainnya dari Program Perak Simpatik.

Kelompok Anggur Ada Rasa, sebelumnya telah mengikuti Pelatihan Penanaman Anggur di Provinsi Bali selama kurang lebih 3 bulan. Dengan modal pelatihan ini, diharapkan kelompok ini dapat mengelola satu hektar lahan mereka dan sukses memproduksi anggur.

( / merlyn iju lalu )

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *