Bagikan

Sebanyak sepuluh tukang asal Desa Beja Kecamatan Bajawa di Kabupaten Ngada menjadi sasaran kegiatan padat karya/Cash For Work (CFW) dalam Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

Pembukaan Kegiatan Padat Karya Tunai Cash For Work (CFW) Tahun 2021 Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Desa Beja Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada, dilaksanakan pada hari Kamis, 22 April 2021 dan dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo Ngada yang mewakili Bupati Ngada, didampingi Ketua DPRD Kabupaten Ngada, KSM Maju Bersama, Koordinator LKM Bersama Jaya Desa Beja dan Askot CDM Ngada.

Kegiatan yang digelar di Aula Kantor Desa Beja ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kab.Ngada yang diwakilkan oleh kepala seksi Perumahan, Tim Program Kotaku Kabupaten Ngada, Masyarakat Desa Beja dan undangan lainnya.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Agnes A. Lelo selaku Askot CDM Kabupaten Ngada menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Ngada yang telah memberikan kepercayaan dan ruang kepada Kotaku untuk memfasilitasi masyarakat lewat Program Kotaku Kabupaten Ngada. Kegiatan Padat Karya Tunai Cash For Work (CFW) ini bertujuan untuk memberikan bantuan tunai dalam bentuk upah tenaga kerja kepada masyarakat yang mengalami penurunan/kehilangan pendapatan, membantu Pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi nasional dan meningkatkan daya beli masyarakat serta terpeliharanya Aset Infrastruktur melalui pemeliharaan dan perbaikan yang dibangun Program Kotaku maupun Program IBM lainnya melalui Swakelolah masyarakat.

Ketua DPRD Kabupaten Ngada, Bernadinus Dhey Ngebu, lewat sambutannya menegaskan bahwa kegiatan tersebut jangan dilihat jumlah uang tetapi belajar soal spirit yang terkandung didalamya. Berni Dhey juga mengharapkan perlu adanya pendampingan yang baik mengingat program ini masih baru, dan yang paling penting jangan sampai lupa administrasi, karena setiap kegiatan dari Pemerintah dibutuhkan administrasi yang jelas.

Masih dalam kegiatan launching, Kepala Dinas Kominfo Ngada, Moi Nitu Anastasia yang mewakili Bupati Ngada dalam sambutannya menyampaikan masyarakat Desa Beja harus punya semangat yang sama untuk menerima Dana CFW Program Kotaku dan melaksanakannya dengan baik, sehingga kegiatan Perbaikan dan pembersihan terhadap infrastruktur yang sudah dibangun bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Pantauan media, setelah kegiatan launching selesai dilanjutkan dengan kegiatan On The Job Training (OJT) di Lokasi RT 008- DS 002 Kampung Sapawara Desa Beja sebagai tanda dimulainya kegiatan fisik di lapangan.