Acara Persidangan I, Dalam Rangka Pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Ngada ( LKPJ ) Tahun Anggaran 2018, Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Ngada Tahun 2018 serta Pembahasan Tiga Ranperda Inisiatif DPRD Ngada dan Dua Ranperda Perubahan, telah dibuka secara resmi  oleh Ketua DPRD Ngada Helmut Waso, Jumad 2/08/2019 di ruang sidang DPRD.

DPRD Ngada sendiri memiliki beberapa agenda penting yang dilaksanakan pada bulan ini, dengan Keputusan Badan Musyawarah DPRD Ngada Nomor 3/Banmus/DPRD/2019 tentang Penetapan Materi, Waktu dan  Jadwal  Acara  peresmian Pengangkatan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Ngada Sisa Masa Jabatan Tahun 2014 – 2019 atas nama Maria Lali, SE, Pembahasan Laporan Pertanggungjawaban  Pelaksanaan APBD Kabupaten Ngada Tahun Anggaran 2018, Pembahasan Tiga Buah Rancangan Peraturan Daerah Inisiatif DPRD Kabupaten Ngada Tahun 2019 dan Dua buah Rancangan Peraturan Daerah Perubahan Tahun 2009.

Suasana pembukaan Sidang LKPJ, Di Ruang Sidang DPRD Ngada

Ketua DPRD Ngada Helmut Waso dalam sambutannya pada acara pembukaan sidang LKPJ tahun 2018 menyampaikan bahwa  acara persidangan ini, sebagai bagian dari kewajiban Pemerintah melalui Bupati, untuk menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban kepada DPRD. Hal pokok dari keseluruhan sidang ini  adalah bukan sekedar memenuhi tuntutan Undang – Undang, tetapi menelusuri hasil kerja dan kinerja  Pemerintah sesuai APBD yang ada. Dari hasil evaluasi dalam forum LKPJ ini, tentunya akan menemukan keberhasilan maupun program yang belum tuntas terlaksana. Keberhasilan pembangunan akan tetap dipertahankan dan ditingkatkan, sementara kegiatan yang belum terlaksana, akan dijadikan bahan evaluasi bersama untuk perbaikan kualitas kerja.

Sambutan Ketua DPRD Ngada, Helmut Waso

“DPRD menyampaikan penghargaan kepada Pemerintah serta apresiasi atas predikat WTP untuk pengelolaan keuangan daerah. Juga pelaksanaan program pembangunan yang terlaksana baik, meskipun masih banyak kekurangan, ini jadi pekerjaan kita bersama. Mari kita berdiskusi, menyamakan pemikiran dan mencari solusi, untuk masalah dan kendala pembangunan yang belum selesai terlaksana. Kedepan ini, akan banyak sekali pekerjaan yang harus dilaksanakan bersama – sama,” kata ketua DPRD Ngada, Helmut Waso.

Helmut juga berharap semua stakeholder, baik Pemerintah, DPRD, fraksi maupun Pansus untuk teguh mengikuti semua agenda sidang yang telah dijadwalkan.

DPRD Ngada Masa Bhakti 2014 – 2019 masih akan menyelesaikan agenda sidang LKPJ tahun 2018 dan Persiapan pelantikan anggota DPRD Ngada 2019 – 2014. Sementara untuk jadwal Sidang Perubahan Anggaran, dilaksanakan oleh DPRD baru, yang rencananya akan dilantik 28 Agustus 2019.

Jadwal Sidang LKPJ ini sendiri akan berlangsung selama 13 hari, sejak tanggal 2 Agustus hingga 14 Agustus 2019.

Untuk pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Ngada Tahun 2018, dilaksanakan oleh Panitia Khusus terjadwal pada tanggal 3 hingga 6 Agustus 2019. Sementara jadwal pembahasan Perda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Ngada TA. 2018, 3 ( tiga ) buah Ranperda Inisiatif DPRD Ngada tahun 2019 dan 2 ( dua ) buah Ranperda Perubahan, akan dibahasa pada tanggal 7 Agustus 2019.

Adapun Ranperda yang dibahas yakni Ranperda tentang Keterbukaan Informasi Publik, Ranperda tentang Penanggulangan HIV dan AIDS, Ranperda Perlindungan Lahan Pertanian Berkelanjutan, Ranperda tentang Perubahan Atas Perda Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyertaan Modal Daerah pada Perseroan Terbatas  Bank NTT dan Rancangan Peraturan Daerah tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 13 Tahun 2011 tentang Retribusi Perijinan Tertentu.

Peserta Sidang Yang Hadir

Hadir dalam kegiatan Pembukaan Sidang LKPJ tersebut, Bupati Ngada Paulus Soliwoa, Sekda Ngada Theodosius Yosefus Nono, Ketua dan Wakil Ketua serta Anggota DPRD Ngada, Unsur Forkopimda Ngada, Para Asisten Setda Ngada, Pimpinan OPD dan undangan lainnya.

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada