Kegiatan pentas Seni dan Budaya di Lapangan Mengeruda Kecamatan Soa, dibuka secara resmi oleh Bupati Ngada Paulus Soliwoa, jumad 26 April 2019. Pentas seni dan budaya  ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut Pencanangan bulan Bhakti Gotong Royong masyarakat ke -16, Hari Kesatuan Gerak PKK ke – 47, Hari Keluarga Nasional ke – 26, Hari Pendidikan Nasional dan Gelar Teknologi Tepat Guna Ke – 5, Tingkat Propinsi NTT.

Bupati Ngada saat membuka Kegiatan Pentas seni dan Budaya.

Gelar pentas Seni dan Budaya ini diawali dengan Lomba Pidato bagi Pelajar SMU/SMK se- kabupaten Ngada, utusan masing- masing Kecamatan. Lomba Pidato bertemakan “Membangun Budaya Gotong Royong dimulai dari keluarga”. Tema ini sejalan dengan peringatan BBGRM, dengan maksud generasi muda dapat menemukan kiat menghidupkan kembali budaya ini di dalam lingkungan keluarga dan masyarakat. Setiap peserta lomba, cenderung mengkritisi penggunaan media sosial, yang membatasi pola sosialisasi individu dengan lingkungan sekitar, serta teknologi, yang memudahkan manusia mendapatkan sesuatu, berimbas pada sikap individualis, tidak membutuhkan dan perduli pada lingkungan sekitar. Hal ini yang menjadi pemicu pudarnya budaya gotong royong dalam keluarga dan masyarakat.

Dewan juri yang hadir dari unsur Media, yakni Wiem Derosari – Flores Pos, Emanuel Djomba – Vigo News dan Merlyn I. Lalu – RSPD Ngada. Dari hasil penilaian Dewan Juri, SMAN 2 Bajawa  keluar sebagai juara – 1 atas nama Elisantinia Endu, disusul SMAN 1 Jerebuu  atas nama Agustina Yulianti Dhone Rero di posisi – 2 dan SMA Seminari Mataloko Yohanes Oskarito Kila Keli di urutan Ke – 3. Juara harapan satu diraih SMK St. Yoseph Soa atas nama Maria Alvin Dado, Juara harapan dua dari SMAN 1 Golewa Selatan atas nama Verawati Delima dan Juara harapan tiga dari MAM Riung atas nama Ainul Yakin.

Sabtu, 27 April 2019 digelar lomba Jai tingkat SMP, Minggu 28 April 2019 untuk lomba Musik Akustik dan pop singer, disusul lomba Fashion Show antar SMU/SMK. Semua kegiatan ini digelar di lapangan Mengeruda – Soa, yang diwarnai dengan hadirnya stand pameran dari semua Kecamatan serta pelaku usaha kreatif.Undangan dan penonton.

Rencananya, kegiatan puncak akan dibuka secara resmi oleh Gubernur NTT Viktor Laiskodat, pada Kamis, 1 Mei 2019.

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada