Kolokoa, Jerebuu (Ngada) – Sejumlah SMP yang ada di Kecamatan Jerebuu telah menggelar UNBK 2019 meskipun tidak secara mandiri tapi meminjam bahkan menyewa fasilitas yang ada di sekolah lain mengingat modal persiapan untuk melaksanakan UNBK cukup besar.

Server UNBK

Untuk dapat menyelenggarakan UNBK harus mengeluarkan biaya jutaan rupiah. Bahkan untuk pembelian server saja harus menyediakan Rp 10 juta. SMPN Satu Atap Kolokoa tetap berjuang untuk menyukseskan UNBK karena sudah menjadi kebijakan pusat.

komputer user

Selain masalah pendanaan, SMPN Satu Atap Kolokoa juga terkendala fasilitas atau perangkat pendukung. SMPN Satu Atap Kolokoa sebagai penyelenggara UNBK bahkan tidak memiliki komputer memadai.

Untuk mendukung antusiasnya SMPN Satu Atap Kolokoa, Dinas Pendidikan Kabupaten Ngada menganggarkan dana untuk pengadaan perangkat TIK bagi sekolah tersebut. Bantuan perangkat IT yang diterima oleh SMPN Satu Atap Kolokoa berupa 1 unit server, 18 PC All In One, Router, Switch/Hub dan kabel Jaringan. Pengembangan infrastruktur ini dilakukan secara bertahap dengan mengharapkan kerjasama dari sekolah melaui Dana BOS.

Ruangan Komputer SMPN Satap Kolokoa

Selain untuk pelaksanaan UNBK, perangkat komputer yang telah dibagikan tersebut diharapkan dapat digunakan untuk kegiatan Belajar Mengajar yang berkaitan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi seperti Perpustakaan Digital, Aplikasi Pembelajaran, dan lain sebagainya.(/ByJackNF)

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada