Ngada

Sosialisasi Vaksin Covid, Semua Petugas Medis Di Ngada Segera Divaksin

Bagikan

Bupati Ngada Paulus Soliwoa memimpin rapat Koordinasi dan Sosialisasi Vaksinasi Covid -19 tingkat Kabupaten Ngada Vaksinasi yang akan dilaksanakan di Ngada.Vaksin Covid ini sebelumnya telah tiba di Ngada pada Sabtu, 30 Januari 2021.

Rapat terbatas ini digelar di Aula Setda Ngada pada Senin, 1 Februari 2021 yang dihadiri oleh Sekda Ngada,Ketua DPRD Ngada,Forkopimda Ngada,pimpinan OPD, para Camat dan seluruh Kepala Puskesmas dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Bupati Paulus menyebutkan bahwa Ngada mendapat pasokan 3120 vial vaksin Sinovac dan saat ini tersimpan di Dinas Kesehatan Ngada. Rencananya vaksin ini akan diberikan kepada seluruh tenaga medis yang menjadi garda terdepan penanganan Covid -19 dan akan diberikan dalam dua tahap suntikan.

Bupati Ngada menekankan konsistensi dalam penerapan kebijakan dan komitmen dalam menjalankan seluruh aturan terkait protokol kesehatan yang mestinya dicontoh oleh seluruh pejabat publik.Masyarakat diharapkan komitmen dalam pengendalian diri saat kegiatan sosial kemasyarakatan,pesta .

Kebijakan baru dari Pemerintah Kabupaten Ngada dalam menekan laju penyebaran Covid -19 adalah tidak boleh ada pesta dan para pejabat tidak boleh masuk dalam kepanitiaan pesta. Pemerintah akan keluarkan instruksi larangan pesta dan peristiwa duka dibatasi jumlah kehadiran. 10 pos pintu masuk akan diaktifkan setelah kesiapan anggaran yang masih terbentuk sistem aplikasi anggaran. Larangan pejabat Ngada untuk bertugas keluar daerah dan mengharapkan mobilitas masyarakat keluar atau masuk Ngada dapat berkurang. Saat ini yang menjadi ancaman meluasnya penyebaran virus dimulai dari Pelaku perjalanan,Transmisi keluarga dan Transmisi Kantor.

Berdasarkan laporan ketua panitia kegiatan, Maria Kurniati Tonda disampaikan bahwa,Vaksinasi Covid bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan angka kesakitan Covid,melindungi masyarakat agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi. Tujuan khusus terlaksananya vaksinansi dengan sasaran masyarakat yakni menurunkan angka kesakitan dan kematian,mengurangi transmisi atau penularan dan melindungi masyarakat.

Vaksin akan diberikan ke 1520 tenaga medis hari pertama dan hari ke 14, dalam Minggu ini vaksin akan didistribusi ke masing masing Puskesmas.Sebelum didistribusikan,Dinas Kesehatan akan melakukan pencanangan Vaksinasi untuk 10 anggota Forkopimda. Rentang bulan Februari sampe Bulan Maret vaksin akan diberikan kepada pelayan publik.Sementara untuk masyarakat bulan April sampe Maret 2022,70 persen target harus dapat vaksin.

Jadwal vaksinasi bagi tenaga Medis direncanakan pada bulan Februari,Selanjutnya vaksin di jadwalkan untuk diberikan kepada pejabat publik dan bagi masyarakat umum akan divaksinasi pada bulan April mendatang.

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada