Ngada

Sumber Pendapatan Asli Daerah Dari Retribusi Menara Telekomunikasi Siap Dieksekusi

Bagikan

Pemerintah Kabupaten Ngada melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ngada telah mengeksekusi Peraturan Daerah Kabupaten Ngada Nomor 2 Tahun 2020 tentang Retribusi Pengendalian Menara Telekomunikasi sebagai penjabaran dai Undang-Undang Nomor 28 tahun 2020 tentang Pajak dan Retribusi Daerah.

Kadis Kominfo Kabupaten Ngada, Moi Nitu Anastasia saat diwawancara oleh Portal Ngada, menyampaikan bahwa dengan ditetapkannya Perda tersebut pada tanggal 23 September 2020, maka Dinas Kominfo selaku dinas teknis akan melakukan pungutan retribusi atas pelayanan pengawasan dan pengendalian Menara Telekomunikasi atau Base Transceiver Station (BTS) tersebut.

Menurut Anastasia,langkah-langkah yang telah ditempuh untuk melakukan pungutan retribusi dimaksud, antara lain membentuk Tim pengawasan dan Tim telah melakukan pengawasan ke lokasi menara telekomunikasi yang ada di Kabupaten Ngada. Adapun hasil pengawasan terdapat 59 menara yang tersebar di setiap Kecamatan dengan pemiliknya antara lain Protelindo XL Axiata Tower sebanyak 8 BTS, PT. Telkomsel sebanyak 24 BTS, PT. Indosat 2 BTS, Tower Bersama Group sebanyak 11 BTS, PT.Daya Mitra/Mitratel sebanyak 12 BTS dan PT. Telkom Indonesia sebanyak 2 BTS. Sebarannya terbanyak berada di Kecamatan Bajawa 25 BTS. Masih terdapat 30-an Desa di kabupaten Ngada masuk dalam kategori blank spot, yang akan terus diperjuangkan pada waktu yang akan datang.

Salah satu BTS di Kabupaten Ngada

Sesuai hasil perhitungan, masing.masing BTS dikenakan tarif retribusi sebesar Rp. 2.700.000,- yang dituangkan dalam Surat Ketetapan Retribusi Daerah (SKRD) dan para pemilik akan menyetor melalui Bank Pembangunan Daerah NTT Cabang Bajawa. Pungutan retribusi ini akan menjadi pendapatan asli daerah Kabupaten Ngada dari Dinas Kominfo sesuai target yang ditetapkan setelah perubahan APBD Ngada sebesar Rp. 148 juta lebih.

Kedepan, menurut Anastasia, akan ditingkatkan pengawasan terhadap BTS yang ada maupun yang baru dibangun, termasuk memberikan masukan kepada para pemilik agar BTS yang sudah dibangun dilakukan perawatan baik peralatan maupun lingkungan sekitar BTS.

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada