Ngada

Tahapan Infrastruktur Telah Rampung, KOTAKU Lakukan Serah Terima Hasil Kerja

Bagikan

Ngada- Tahapan pembangunan infrastruktur kegiatan Bantuan Pemerintah untuk Masyarakat (BPM) Cash For Work (CFW) telah selesai, Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Kabupaten Ngada lakukan serah terima Hasil Pekerjaan, Aset dan Pengelolaan di Aula Bp-Litbang Jumat, 17/12/2021.

Kegiatan tersebut diawali dengan serah terima pekerjaan dari KSM kepada BKM kemudian dari BKM diserahkan kepada PPK-PKP Satker Wilayah 2 NTT. Penyerahan dilanjutkan dengan serah terima aset dan pengelolan dari PPK-PKP Satker Wilayah 2 NTT kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Ngada, yang kemudian diserahkan kepada Pemerintah Kelurahan dan desa. Kegiatan penyerahan pekerjaan diakhiri dengan serah terima pengelolaan dari Pemerintah Kelurahan dan Desa kepada Kelompok Pemanfaat dan Pemeliharaan (KPP).

Menurut Kepala BP-Litbang sekaligus Ketua Pokja PKP Kabupaten Ngada, Hilarius Sutanto, saat ini terdapat lima lokasi dari kelurahan/desa yang menerima program BPM CFW diantaranya, Kelurahan Lebijaga, Kelurahan Faobata, Kelurahan Jawameze, Desa Beja dan Desa Borani. Ia mengatakan program tersebut merupakan salah satu program bantuan dari pemerintah untuk masyarakat yang terdampak Pandemi Covid 19.

“Untuk tahapan pengerjaan infrastruktur sudah selesai seratus persen, maka saat ini kita lakukan tahap selanjutnya ialah penyerahan hasil kerja. Dan untuk penentuan lima wilayah yang mendapatkan bantuan dilakukan langsung dari pusat. Jadi pusat yang menentukan”, jelas Hilarius.

Hilarius juga berharap infrastruktur yang sudah terbangun dapat dimanfaatkan dan dirawat dengan baik, agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Hal senada juga diungkapkan oleh Team Leader Kotaku Provinsi NTT Stely L. K. Paulus, dalam arahannya menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan CFW tersebut adalah untuk meningkatkan daya beli masyarakat yang terdampak covid-19 dan sasaran dari kegiatan CFW adalah masyarakat berpenghasilan rendah dan masyarakat yang mengalami PHK atau kehilangan pekerjaan.

“Kegiatan CFW ini hanya melakukan Perbaikan infrastruktur yang mengalami penurunan kualitas dengan kategori rusak ringan dan rusak sedang. Hari ini dengan kegiatan serah terima hasil pekerjaan, aset dan pengelolaan kegiatan BPM CFW Tahun 2021, saya harapkan infrastruktur yg sudah dibangun dimanfaatkan dan terpelihara dengan baik oleh masyarakat”, pungkasnya.

Don`t copy text!