Server UNBK

Bajawa (Ngada) – Pada tahun 2019 ini, enam belas Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Ngada mendapat bantuan paket komputer lengkap dengan server dari Dinas Pendidikan Kabupaten Ngada. Anggaran tersebut berasal dari Dana Anggaran Khusus (DAK) Pendidikan Kementerian Pusat.

“Di Kecamatan Bajawa, untuk Tahun 2019, Hanya ada 3 sekolah Menengah Pertama yang mendapatkan bantuan yaitu SMPN Negeri 6 Bajawa di Turekisa, SMPN 1 Bajawa dan SMPK Regina Pacis. “Kata Lambertus Langa, Kepala Bidang  SMP,  Dinas Pendidikan Kabupaten Ngada.

SMPN 6 Bajawa

Pada UNBK Tahun 2019, SMPN Negeri 6 Bajawa telah menggelar Ujian di SMK Sanjaya dengan kekuatan peserta sejumlah 83 Orang. Sedangkan pada tahun sebelumnya, 2018, SMPN yang belokasi di Turekisa juga menggelar UNBK di temapat yang sama dengan 85 Orang peserta didik.

Ruangan Komputer SMPN 1 Bajawa

Sementara itu, SMPN 1 Bajawa selalu menggelar UNBK Tahun 2019 di sekolahnya secara mandiri dengan kekuatan komputer 23 buah, 26 Buah Laptop dan PC Pinjaman dari instasnsi pemerintah sebanyak 10 Unit.

SMPK Regina Pacis Bajawa

SMPK Regina Pacis menjadi salah satu SMP swasta yang juga menggelar UNBK tahun 2019 secara mandiri dengan bermodalkan 15 Unit Komputer. Bahkan SMP Satap 2 Soa juga menyelenggarakan UNBK di tempat ini juga.

Ruangan Komputer SMPK Regina Pacis Bajawa

“Setiap SMP yang mendapatkan bantuan tersebut akan menerima satu unit Server UNBK ,18 unit Komputer, 1 Unit Router, 1 Unit Switch, 1 Roll Kabel LAN dan 19 Buah Headset,”tambah Drs.Petrus Tupen Beda, Kasie Sarana dan Prasana SMP pada Dinas Pendidikan Kabupaten Ngada.

Bantuan peralatan TIK  ini dimaksudkan sebagai upaya mendorong peningkatan mutu kualitas pembelajaran setiap sekolah. Selain itu untuk mempersiapkan ujian sekolah di tahun mendatang,  pasalnya Kabupaten Ngada meraih predikat pertama sebagai daerah dengan persentase peserta Ujian nasional tingkat SMP terbanyak untuk regional Nusa Tenggara Timur. Dengan pelaksanaan UNBK menuntut beberapa SMP untuk berinisiatif mengupayakan pengadaan peralatan komputer. Selain itu,  beberapa sekolah baik SMP Negeri maupun SMP Swasta juga mengajukan bantuan komputer untuk kebutuhan pelaksanaan operasional UNBK.[/byJackNuwaFeto]

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada