USNBK di MAM Riung digelar secara On line

Published by merlyn on

Pelaksanaan USNBK ( Ujian Sekolah Nasional Berbasis Komputer ) sejumlah SMU/SMK di kabupaten Ngada berlangsung lancar dan manual. Berbeda dengan USNBK di MAM Riung yang berbasis komputer.

Tim Website Ngada, pada Sabtu 9 Maret 2019, berkesempatan melihat langsung pelaksanaan USNBK di Madrasah Aliyah Muhamadiyah Riung. Di hari ke – 9 USNBK, sejak digelar 1 Maret 2019, proses ujian berlangsung lancar tanpa kendala. Seperti yang diutarakan Koordinator Teknisi USNBK MAM Riung, Hardin, bahwa meskipun berada di wilayah kecamatan, namun secara teknis tidak ada kendala berarti, mulai dari lancarnya pasokan listrik dan signal internet, yang menjadi kebutuhan dasar ujian berbasis komputer.

“Sebelum Ujian berlangsung, kami sudah bersurat ke PLN unit Riung, agar listrik aman selama ujian.Ujian ini sampai tanggal 27 Maret 2019. Kami di MAM Riung ada 34 unit laptop yang dipakai untuk ujian, itu ada yang milik sekolah, siswa dan juga guru,” kata Hardin.

Menurut Hardin, MAM Riung menggelar USNBK secara online karena secara vertikal berada dibawah Kanwil Agama, dimana sekolah Madrasah melaksanakan ujian berbasis komputer. Distribusi soal langsung ke Proktor per zona, Kabupaten Ngada masuk zona delapan bersama Nagekeo dan Ende.

” USNBK berbasis komputer di sekolah ini bukan baru pertama, ini kali kedua kami lakukan dari tahun 2018. Kami ada dibawah Kementrian Agama, jadi regulasi memungkinkan untuk lakukan ujian online mulai dari Ujian Sekolah sampai Ujian Nasional nanti”,lanjut Hardin.

USNBK di MAM Riung dibagi dalam dua sesi setiap hari, yang diikuti oleh 61 siswa/i kelas tiga dengan rincian 50 siswa/i MAM Riung, 11 orang siswa/i dari MAS Hidayatulah Maratauk – Baar. Untuk soal ujian, selain yang didistribusikan secara online, ada beberapa mata pelajaran yang disusun langsung oleh para guru masing-masing. Diantaranya mata pelajaran Sejarah Peminatan, Seni Budaya, Bahasa Arab, Prakarya, Alquran Hadits dan Penjas. Dalam pelaksanaan ujian, dilakukan pengawasan silang dengan sekolah lainnya yakni SMA Kejora, SMKN Lengkosambi dan SMA St. Carolus.

MAM Riung yang dipimpin oleh Kepala Sekolah Rismawan Landa, S.Ag pada UN 2018 mencapai kelulusan 100 persen dan berharap prestasi yang sama akan diraih pada UNBK tahun ini yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 April 2019. Selain USNBK, sebelumnya juga akan digelar Ujian Akhir Madrasah Berbasis Komputer ( UAMBK ) pada 13 Maret mendatang.

Ujian Sekolah berbasis Komputer di MAM Riung.

Categories: Berita

1 Comment

Baim · March 11, 2019 at 7:52 pm

Koreksi : tertulis USNBK seharusnya : USBNBK. Marotauk bukan Maratauk…mf sblmnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *