Bagikan

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur, Yosef Nae Soi melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah susun sekolah Berkhmans Todabelu Mataloko,Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada, pada Rabu 5 Mei 2021.

Pembagunan rumah susun Sekolah Berkhmans Todabelu kerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Perumahan Balai Pelaksanaan Penyediaan Perumahan Nusa Tenggara II.

Rumah susun sebanyak 43 kamar tersebut nantinya akan dipergunakan untuk para siswa, mengingat gedung asrama untuk SMP sudah tua.

Wagub Nae Soi dalam sambutan mengatakan bahwa, sudah seharusnya pembangunan rumah susun ini dilakukan guna penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas di Kabupaten Ngada. Selain itu, Seminari Mataloko adalah Seminari tertua kedua di Indonesia. Semua juga tahu bahwa Seminari tidak hanya memberi arti belajar bagi siswanya tetapi juga memberi arti hidup.

Masih dalam sambutannya, Wagub Nae Soi menyampaikan bahwa saat ini salah satu program kerja Gubernur dan Wakil Gubernur periode 2018-2023 adalah siswa-siswi SLTA yang ada di NTT wajib berasrama sehingga hal tersebut bisa dimanfaatkan siswa SLTA untuk interaksi, interelasi dan bisa intropeksi diri. Wagub juga berharap bantuan sepertu ini bisa tetap dikuncurkan ke Kabupaten Ngada.

Dalam kesempatan peletakan batu pertama itu juga, Wakil Bupati Ngada lewat sambutannya menyampaikan dengan adanya sarana ini tentu akan menjawab kebutuhan akan tempat tinggal yang aman dan nyaman bagi para seminaris, apalagi kondisi bangunan asrama yang lama saat ini sudah tidak layak karena termakan usia.

Wakil Raymundus juga menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Indonesia yangvtelah mengalokasikan anggaran sebesar kurang lebih 14,6 Miliard untuk membangun rusun sekolah. Mudah-mudahan rusun sekolah yang akan dibangun ini pada waktunya akan bermanfaat falam proses persemaian dan pendidikan siswa calon Iman.

Kegiatan ini dihadiri Wagub Yosef Nae Soi bersama istri, Wakil Bupati Ngada Raymundus Bena, Wakil Direktorat Jendral Perumahan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Wilayah Nusa Tenggara II Yubliana D. Bunga, Kepala BPBD Provinsi, Unsur Forkopimda Ngada, Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Ngada, Para Imam di Seminari Berkhmans Todabelu, Camat Golewa, dan beberapa Kepala Sekolah SLTA yang ada di Kabupaten Ngada.