Bagikan

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur resmi mengeluarkan izin operasional penyelenggaraan satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Wolomeze Kabupaten Ngada.

Dengan dikeluarkannya izin operasional tersebut, Wakil Bupati Ngada Raymundus Bena, pada Kamis, 29 April 2021 meresmikan dan melaunching penerimaan siswa baru pada SMK Negeri 1 Wolomeze bertempat di aula Kantor Desa Nginamanu Kecamatan Wolomeze.

Ketua Panitia pembangunan dan peresmian SMK Negeri 1 Wolomeze Yohanes Lingge Siren dalam laporannya menyampaikan bahwa dari tahun 2010 sejak kewenangan SMA/SMK masih kewenangan Pemerintah Daerah masing-masing pendirian sekolah ini melewati proses yg cukup alot dan semua panitia pernah pada keadaan menyerah, tetapi pada tahun 2020 sudah ada tanggapan positif dari Dinas pendidikan Provinsi NTT.

John menjelaskan, aspirasi masyarakat sebenarnya menginginkan SMA, bukan SMK dan dalam perjalanan perjuangan pembentukan SMA Negeri I Wolomeze sejak tahun 2010 sampai 2019. Semua dokumen masih dokumen pendirian SMA.

Namun ketika akhir tahun 2020 kepala Dinas Pendidikan Provinsi yang saat itu menjadi Penjabat Bupati Ngada mengunjungi Kecamatan Wolomeze, menyampaikan bahwa sesuai  kondisi lapangan, topografi dan kondisi alam, maka dipastikan untuk membangun SMKN dan tahun 2021 siap menerima siswa baru.

Usulan dokumen final pada tanggal 31 Maret 2021 juga ditandatangani oleh Korwas Matias Sudin selanjutnya pada tanggal 11 April 2021 ke Kupang untuk membawa dokumen tanggal 13 April 2021 SK tersebut dikeluarkan dan langsung diterimanya.

Dalam kesempatan itu juga, Wakil Bupati Ngada Raymundus Bena lewat arahannya menyampaikan bahwa ini adalah sejarah untuk wolomeze dan sekitarnya atas peresmian SMK Negeri 1 Wolomeze. Salah satu misi dalam kepemimpinan APRB juga memajukan pendidikan maka moment hari ini tidk terlepas dari hal tersebut. Berbicara soal pendidikan, diibaratkan seperti pesawat tercepat, karena ketika kita tidk mengikuti irama pesawat tersebut maka kita akan tertinggal.

Wakil Bupati Ray juga menegaskan bahwa fokus jurusan SMK Negeri 1 Wolomeze ini dibidang keahlian agribisnis dan agroteknologi dengan  program keahlian masing-masing agribisnis ternak dengan kompetensi keahlian agribisnis ternak unggas, agribisnis tanaman dengan kompetensi keahlian agribisnis tanaman pangan dan holtikultura serta agribisnis tanaman perkebunan. Jadi kedepannya model pembelajaran akan lebih sederhana dan merakyat tetapi tidak mengesampingkan mutu pendidikan.

Kehadiran Wakil Bupati Ngada yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ngada, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ngada, Camat Wolomeze dan Kordinator Pengawas SMA dan SMK Kabupaten Ngada ini disambut dengan tarian dan ritual adat kago tetapi masih tetap memperhatikan protokoler kesehatan.

Penerimaan Wakil Bupati dan Rombongan dengan ritual adat kago.