Warga Kecamatan Bajawa, segera miliki 160 unit Rumah bantuan

Published by merlyn on

Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya , dari Dana Alokasi khusus tahun anggaran 2019 Bidang perumahan, segera diperuntukan bagi pembangunan rumah layak huni di kecamatan Bajawa.

Sebanyak 160 Unit rumah layak Huni akan dibangun bagi masyarakat penerima di Kecamatan Bajawa. Kepala Dinas Perumahan, kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Ngada, Killa Patrisius, kepada Media ini Rabu, 20 Februari 2019 mengatakan, Pemerintah Kabupaten Ngada melalui Dinas terkait menganggarkan Dana sebesar 2 milyar rupiah lebih, untuk program bantuan rumah tersebut. Tahun 2019 dijatahkan pembangunan 160 unit rumah bagi 160 penerima bantuan yang tersebar di wilayah kecamatan Bajawa. Kriteria penerima bantuan rumah layak huni ini adalah warga yang memiliki rumah tidak layak huni, Satu rumah tangga yang dihuni dua kepala Keluarga, bersertifikat tanah pribadi atau tanah warisan orang tua yang dihibahkan, serta siap bekerja secara swadaya. Bantuan yang diberikan berupa material bangunan dengan alokasi 17.500.000.- ribu rupiah untuk tiap KK penerima. Dari angka tersebut, 15 juta dianggarkan untuk material, sedangkan 2 setengah juta untuk biaya pengerjaan.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kab. Ngada, Killa Patrisius.

Untuk data penerima bantuan perumahan layak huni, pihak Dinas Perumahan berkoordinasi dengan Desa dan Kelurahan setempat, selanjutnya ferivikasi di lokasi akan langsung dilakukan oleh Dinas Perumahan.

Sementara itu, lanjut Patris killa, Bantuan perumahan yang sama juga telah dilakukan di Kecamatan Riung Barat sebanyak 125 unit dan Kecamatan Wolomeze 80 unit. Namun untuk dua kecamatan ini, anggaran bersumber dari Dana Propinsi, yang dikelola oleh Daerah dan saat ini tengah memasuki masa pengerjaan.


Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *