Bawaslu Ngada Gelar Sosialisasi dan Deklarasi Netralitas Kepala Desa Se-Kabupaten Ngada Pada Pilkada Tahun 2024

Bawaslu Kabupaten Ngada gelar sosialisasi dan deklarasi netralitas Kepala Desa Se-Kabupaten Ngada pada pemilihan kepala Daerah Tahun 2024.

Kegiatan ini digelar di Aula Jhon-Thom Bajawa pada Senin, 23 September 2024 yang diikuti oleh 190 Kepala Desa dan Penjabat Kepala Desa Se-Kabupaten Ngada serta Stakeholder lainnya.

Dalam laporan panitia disampaikan maksud terselenggaranya kegiatan ini adalah untuk tetap menjaga keadaan wilayah tetap tentram, kondusif dan aman.

Lewat sambutan Kepala Dinas PMDP3A yang disampaikan oleh Kepala Bidang Pemerintah Desa dan Kelembagaan, Agustinus H. Raga, S. STP bahwa Pilkada 2024 sangat sensitif karena ditahun sebelumnya diikuti oleh 5-7 paket tapi kali ini hanya 2 paket, dan keduanya adalah pasangan incumbent.

“Selama ini mungkin banyak yang teledor untuk aktif dalam setiap kegiatan sosialisasi tetapi sejak kemarin ditetapkan pasangan dan hari ini akan diambil nomor urut maka diharapkan semua harus bisa membatasi diri,semua punya hak politik tetapi tidak boleh terlibat aktif dalam kegiatan kampanye atau politik praktis” Tambah Agustinus.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Ngada, Antonius Ndiwal membuka sambutannya dengan menyampaikan dua alasan kegiatan ini digelar, diantaranya, Kepala Desa memiliki posisi yang strategis di wilayah kepemimpinannya masing-masing dan Kepala Desa juga dalam jabatannya mempunyai garis komandan yang jelas.

Antonius Ndiwal juga menegaskan bahwa salah satu pilar penting dalam menjaga integritas Pilkada adalah netralitas dari para kepala desa. “Sebagai pemimpin di tingkat desa, peran Bapak Mama sangat krusial dalam menciptakan suasana kondusif dan mendukung partisipasi aktif masyarakat”, ujar Antonius.

Diakhir sambutannya Antonius mengingatkan kepada para Kepala Desa, ada 3 cara yang bisa dilakukan dalam menjaga netralitas yaitu; yang sudah diatur dilaksanakan, yang sudah dilaksanakan dipatuhi dan yang dilarang harus dianalisa.

Pantauan jurnalis kominfo, dalam kegiatan Sosialisasi ini juga diberikan materi oleh 2 anggota Bawaslu terkait pentingnya netralitas Kepala Desa dalam Pilkada Tahun 2024.

Diakhir kegiatan ini dilakukan juga penandatanganan Deklarasi oleh seluruh peserta kegiatan sebagai bentuk netralitas dalam Pilkada Tahun 2024.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *