Diskusi Publik WVI: Memperkuat Akuntabilitas Kebijakan Sanitasi dan Kesehatan Lingkungan di Ngada

Peduli sanitasi, air bersih dan kesehatan lingkungan di Kabupaten Ngada , Wahana Visi Indonesia ( WVI) melakukan tatap muka dan Diskusi Publik untuk akuntabilitas dan transparansi layanan, kebijakan dan penganggaran. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula Bp-Litbang pada Selasa, 24/09/2024.

WVI sebagai mitra kerja pemerintah Kabupaten Ngada berupaya untuk mendukung terpenuhinya air minum dan sanitasi yang layak di masyarakat melalui Proyek Nutrisi Anak dan WASH BUSINESS PLAN (WASH BP). Salah satu bentuk upaya yang dilakukan adalah advokasi kebijakan menggunakan pendekatan yang disebut Suara dan Aksi Warga Negara, yang bertujuan untuk membekali warga negara memahami hak dan kewajiban mereka dan kebijakan khususnya di bidang air bersih dan sanitasi.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Pokja PKP dan lima desa di Kabupaten Ngada, yakni Desa Were II, desa Were III, desa Takatunga, desa Genamere dan desa Uluwae II. Dalam kegiatan tersebut masing-masing desa melakukan presentasi untuk menyampaikan kondisi sanitasi desa, mata air bersih di desa, profil desa,  persoalan-persoalan di desa dan rencana aksi disetiap desa.

Tatap muka dan diskusi publik tersebut merupakan agenda lanjutan yang dilakukan WVI setelah melakukan tahapan kegiatan terakhir bersama masyarakat di desa yang telah menghasilkan draft dokumen rencana aksi percepatan perbaikan layanan terkait air dan sanitasi. Maka untuk menjalankan rencana aksi tersebut dibutuhkan dukungan dan sinergitas dari lintas sektoral di Pokja PKP.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *